Hal Sepele Yang Tak Bisa Disepelekan

Kawand.., hari ini QK tersadarkan oleh sesuatu. Sesuatu hal yang sebenarnya sangat sepele tapi ternyata berdampak sangat besar dan tidak bisa disepelekan.

Ini buat para orangtua, pernahkah kalian menyadari bahwa setiap perbuatan kalian adalah contoh bagi anak-anak kalian?
Setiap apapun yang kalian lakukan adalah penanaman sikap dalam diri anak-anak kalian, bahkan ketika yang kalian lakukan itu adalah sesuatu yang teramat sangat sepele.

Bagaimana mungkin para orangtua berharap anak-anak mereka bersikap baik bila mereka sendiri tidak pernah memberikan contoh yang baik? Bukankah sang anak akan bingung,ketika orangtua mereka menasehati mereka dengan larangan-larangan ataupun himbauan-himbauan sementara apa yang mereka lihat adalah yang sebaliknya.

Ketika kita mengingatkan anak kita untuk sholat, sedangkan kita sendiri asyik menonton televisi. Ketika kita menyuruh anak-anak kita berpakaian dengan rapi, sedangkan kita berpakaian sekenanya. Ketika kita mengingatkan anak kita untuk menaruh sepatu dan sendal pada tempatnya, sementara kita menaruh sepatu dan sendal kita seenaknya. Ketika kita mengajarkan mereka cuci kaki sebelum naik ketempat tidur, tapi kitapun tak pernah melakukannya. Bagaimana mungkin?

Sedangkan disatu sisi, kita tidak perlu mengingatkan mereka untuk berdoa sebelum makan karena kita sudah terbiasa melakukannya bersama-sama. Kita tidak perlu mengajarkannya lagi untuk gosok gigi sebelum tidur karena kita sudah memberikannya contoh dengan melakukannya setiap hari. Kita tidak perlu susah-susah membangunkannya setiap pagi untuk sholat subuh karena kitapun sudah sering bahkan hampir setiap hari sholat subuh berjamaah.

Apa yang kita lakukan itulah yang kita tanamkan dalam diri anak kita. Saat kita melakukan hal yang baik secara disiplin, maka itulah yang dia pelajari. Begitupun ketika anak-anak kita melakukan sesuatu yang kurang baik, jangan terburu-buru untuk menyalahkan anak kita karena siapa tahu itu adalah dampak dari apa yang dia lihat dari kita sebagai suri tauladannya selama ini.Who knows?

6 responses to this post.

  1. Posted by jtxmisc on 13 Maret 2015 at 9:07 PM

    Bagus banget bro ceritanya , Petra

    Balas

  2. Posted by jtxmisc on 13 Maret 2015 at 10:07 PM

    Wahahahaha judulnya keren mas , Madison

    Balas

  3. Posted by jtxmisc on 14 Maret 2015 at 3:06 AM

    Mantab habis, keren.. , Jessica

    Balas

  4. Posted by jtxmisc on 14 Maret 2015 at 4:06 AM

    semuanya bagus sangat menghibur semua gambarnya , Keara

    Balas

  5. Posted by jtxmisc on 14 Maret 2015 at 5:07 AM

    Terlepas dari benar atau tidak cerita ini setidaknya bisa jadi bahan perenungan sih. , Kelli

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: