Salah Dalam Arti Hilang

Suatu ketika temanku pernah bertanya “kalau kita melakukan kesalahan, berarti itu mengurangi nilai kan?”
QK jawab “Iya, betul. Kalo salah berarti akan mengurangi nilai. Mana ada salah tapi nilainya tetap 100?? tapi semua itu masih bisa diperbaiki kok”

Supaya kawan blogger semua tahu ya, teman QK ini mengaku masa lalu nya itu kurang menyenangkan. Sekarang dia ingin berubah, tapi bayangan masa lalu itu terus saja ada dalam pikirannya. Seakan-akan semua yang dilakukannya saat ini sudah nggak ada gunanya lagi, karena dia merasa seseorang kalau sudah berbuat salah selamanya akan tetap salah.

QK mengerti, karena sebagai manusia QK juga pernah melakukan kesalahan. Walaupun mungkin nggak sebesar dan seberat yang dilakukan oleh orang lain. Tapi, menurut QK… QK tetap salah dan merasa bersalah. Dan andaikan semuanya dapat diputar ulang, mungkin QK juga ingin menghapus semua kesalahan yang telah QK lakukan.

Walaupun bubur nggak bisa berubah jadi nasi, tapi bukan berarti semangkuk bubur itu nggak berguna lagi kan?
Bubur ditambah daging ayam itu masih tetap enak kan kawan? Loh koq malah jadi ngomongin bubur toh:mrgreen: jadi meskipun dia terlanjur melakukan suatu kesalahan, asalkan mau berubah… semua itu masih mungkin diperbaiki kan??

Dia kembali bertanya “diperbaiki?? apa bisa? dengan cara apa, masa nilainya diganti?”. Padahal sudah berkali-kali QK mencoba meyakinkan dia asalkan dia mau berubah maka semua akan baik-baik saja. Bahkan mungkin akan jadi lebih baik, karena dia pernah memiliki pengalaman yang lebih dari orang lain. Ibaratnya orang yang pernah merasa tersakiti, seharusnya dia menjadi orang yang baik, yang tidak akan menyakiti orang lain kan? karena dia tahu bagaimana rasanya disakiti.

Akhirnya QK cuma bisa jawab “Dalam hidup ini ujian itu datangnya nggak cuman sekali, mungkin pada ujian pertama kita gagal. Anggaplah, kita mendapat nilai 0 di ujian pertama. Tapi kita masih punya ujian ke-2, ke-3, ke-4 dan seterusnya kan?? kalau kita hanya terpaku pada nilai 0 yang kita dapat di ujian pertama… bagaimana kita bisa konsen untuk mendapatkan nilai 100 di ujian ke-2 dan selanjutnya?”

Dia pun berkata tapi kali ini tampaknya dalam canda😆 “Wah, kalo ini ujian kelulusan SMU?? sudah nggak lulus dech” :mrgreen:. Dan sekali lagi QK bilang dia salah:mrgreen:, “anak SMU yang nggak lulus ujian akhir pun masih bisa remidi koq, masih bisa mengulang. Kalau nggak ada remidi, berarti ya mengulang sekolahnya, kalau pun sudah di coba berkali-kali bahkan sampai kesempatan untuknya habis dan dia masih nggak lulus juga… nggak apa-apa.. masih banyak koq anak-anak yang lain yang survive bahkan tanpa pernah mengerti bagaimana rasanya sekolah. Tapi QK rasa nggak akan ada juga yang sampai seperti itu asalkan dia benar-benar mau berusaha, dan ingin memperbaiki hidupnya.”

HIDUP!!! ^_^

92 responses to this post.

  1. pertamaxxxxxxxxx

    Balas

  2. pertamax!!
    hahahaaa..

    akhirnya QK nulis lagi..🙂

    Balas

  3. “masih banyak koq anak-anak yang lain yang survive bahkan tanpa pernah mengerti bagaimana rasanya sekolah”
    kalimat bijak ini akan saya catat………😳

    Balas

  4. kesalahan mungkin gk bisa dihapun n dilupakan..
    but, show must go on..

    *ini maksudnya salah ngerjain soal gitu ta? ata salah apa seh?

    Balas

  5. kalo smu nya ngulang 3x bs ga yak?😀

    Balas

  6. Jangan mudah menyerah. Itu aja. Dan, hidup ini harus dinikmati.🙂

    Balas

  7. masa depan tidak berada di masa lalu,,
    masa sekarang yang lagi di tulis dengan baik, hasilnya dilihat ntar..

    Balas

    • iya bener…. dan sekarang QK lagi coba mengukir sesuatu buat masa depan…..
      besok itu juga termasuk masa depan kan? satu jam lagi juga termasuk masa depan kan?
      eehehhe

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  8. mbayangin ujian lulus SMU…hiiihiii…untung zaman gw gak ada..aman deh

    Balas

  9. Salam sejahtera sobat
    pengalaman itu mengajar kita menjadi yang lebih baik..
    seharusnya kita sentiasa bersyukur kerana tersadar daripada mimpi yang hitam.. Nasihat sobat itu memang baik sekali..

    Salam damai dari penulis blognya Malaysia

    Balas

  10. kika jarang mucnul sekarang? kenapa say? sibuk?

    Balas

  11. Kesalahan, masa lalu emang ga bisa di hapus tapi kan bisa jadi cermin agar kita bisa berbuat lbh baik di masa mendatang?

    *bingung comment apa*

    Balas


  12. That’s wonderful, just keep it up.
    It’s the very thing i want to catch. Thanks!

    Balas

  13. pikiran bahwa kesalahan tidak bisa diperbaiki, bisa jadi itu juga tipu daya setan kepada kita, agar kita terus berada di jalan yg salah…

    padahal, Allah maha pengampun, kita berjalan Dia berlari mendekati kita, bukan begitu Bibi Lung??

    salam dari Malang

    Balas

  14. Selamat! Ternyata QK udah dewasa…:mrgreen:
    Semoga temannya QK bisa memahami dan nggak lagi terpuruk dalam kesalahan masa lalu🙂

    Balas

    • Alhamdulillah… terima kasih.. mbak akin yg pertama bilang begitu…. qkqkqkq
      QK itu masih lum dewasa mbak… masih banyak yg QK nggak ngerti… hehehe:mrgreen:

      semoga ya mbak… susah juga klo punya teman keras kelapa >.< upzz… kepala maksudnya hehe

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  15. bukankah jika kita melakukan kesalahan trus kita tau kita salah dan bertobat n ga ngulanginnya lagi.. itu bukannya kita udah kembali bernilai 100🙂

    Balas

  16. ..
    uhuyyy akhirnya update euy..!!
    ..
    setuju sama qk setiap kesalahan bisa di perbaiki..🙂
    ..

    Balas

  17. hihihi itulah hdup, tentu sudah psti bnyak ujiannya😀

    salut buat anda,, bijak skali jwabnya🙂

    lamken yaa

    Balas

  18. iya… justru klo nggak di uji malah kita bingung… hehehe… tapi mana ada ya yg hidupnya nggak ada ujian???

    terima kasih sudah berkunjung😉

    HIDUP!!! ^_^

    Balas

  19. salam hangat
    berbicara tentang kesalahan = kehilangan, saya setuju..saya sendiri sering ngalamin kesalahan dan kesalah itu buat saya jadi hilang kesempatan…..

    http://blog.beswandjarum.com/slamatagung

    Balas

  20. jadi inget waktu kuliah saya pernah ngulang satu mata kuliah gara2 nilai D
    padahal IPK saya paling gede
    😀

    Balas

  21. kog gue malah kebayang buburna doang ya… sebelum QK bilang idup lebih baek bilang duluan ‘HIDUP ^^,’

    Balas

  22. kesalahan yang kita lakukan masih bisa diperbaiki asal dengan kesungguhan
    bener kan kika sayang?😀

    Balas

  23. Salam..

    “asalkan benar benar mau berusaha dan memerbaiki hidup”

    setuju banget dengan poin diatas itu..nice share.

    Balas

  24. tiap orang slalu punya kesempatan kedua kok ^^

    Balas

  25. Posted by adipati kademangan on 12 Oktober 2010 at 3:08 PM

    Perlu ditanamkan bahwa salah itu tidak dilarang. Kesalahan 3 bisa juga berarti pengetahuan baru : bahwa 3 kali cara yang saya lakukan itu ternyata tidak berhasil. Pengalaman – pengalaman dari kesalahan yang ada itulah yang jarang dibagi ke orang lain.

    Balas

  26. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    Balas

  27. Assalamu’alaikum QK, apa kabar lama tidak bersua, manusia tempatnya salah namun bijak kiranya menjadikan kesalahan itu menjadikan pengalaman atau guru untuk menjadi lebih baik…

    Balas

  28. That’s wonderful, just keep it up.

    Balas

  29. semua orang pasti pernah buat salah, udahlah nggak usah dimerana2in, semangat…
    salam sama temannya QK

    btw, ujian beres neng?

    Balas

    • ini bukan di merana”in mama… saat kita nggak mengalami sendiri memang mungkin akan terasa lebai… tapi saat kita sendiri yg mengalami mungkin kita akan lebih merana dari ini hehehe….
      entahlah… semoga saja dia cepat bangkit dari kemeranaannya hehe

      ujian yg mana ya mama??😀

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  30. selagi nyawa masih ada, insya allah kesempatan tuk berubah itu selalu ada. yang terpenting niatnya

    Balas

  31. kalo pernah jatuh, itu akan menjadi bumerang pengalaman yang gak bakal bikin jatuh lagi

    Balas

  32. Bangkit … kata yg tepat. Kesalahan masa lalu ibarat cerminan masa yg akan datang utk berobah ke arah lebih baik …😛

    Balas

  33. Ia hanya harus memaafkan. Karena hanya dengan memaafkan ia bisa melangkah dengan lebih lega. memaafkan masa lalunya tidak akan mengubah hari kemarin atau mempercantik kenangan yang dia punya. Tapi itu bisa memperbaiki masa depannya.

    Salam untuk kawannya, Ya, QK.🙂

    Balas

  34. sa,a. aku juga masih dihantui kegagalan si masa lalu. SMP dan SMA juga terus membayangi. padahal aku sudah semester 5 kuliah. kadang ada siklus dosa dan rahmat. karena berdosa tidak dapat rahmat. karena tidak dapat rahmat jadi berbuat dosa.

    Balas

    • klo berdosa tidak dapat rahmat… weleh… mana ada orang yg nggak ada dosanya ya???🙄

      ehm,, klo nggak dapet rahmat klo gitu dapet wahyu… ato dapet bejo aja qkqkkqkq

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  35. hiduppp mbak kika
    keep + thinking😀

    Balas

  36. Posted by mandor tempe on 14 Oktober 2010 at 5:46 PM

    Bahwa kesalahan adalah sebuah pengalaman yang mengajarkan untuk mencapai hal yang benar.
    Tentunya dengan memperbaiki diri

    Balas

  37. Halu mbak….
    maaf yach mbak cuma bisa mampir lum bisa baca coz udah waktunya shalat jum’at nich.🙂
    maaf maaf…😀

    Balas

  38. kereen mbak😀 salam kenal

    Balas

  39. Orang baik bukanlah orang yg tdk prnh melakukan kesalahan sama sekali.. Orang baik adalah mrk yg apabila melakukan kesalahan lalu dy minta maaf dan dy iringi kesalahan itu dgn perbuatan baik.. Soal apakah orang akan memaafkan ato g.. Itu urusan dy ma Tuhan.. Yg penting qt sdh minta maaf dgn tulus..

    Balas

    • tenkyu ron… sering” datang kemari ya.. hehe😛
      emang sich bener banged koq yg kmu bilang… soal yg lain memaafkan ato tidak… itu terserah mereka..
      andaipun mereka belum bisa memaafkan… itu wajar kan??? mereka kan bukan Tuhan… semua kan juga butuh waktu… asalkan ada itikad baik untuk berubah QK yakin koq perlahan mereka akan bisa berdamai dengannya dan kesalahan yg pernah dia buat… hmm…

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  40. Posted by sunflo on 15 Oktober 2010 at 8:20 PM

    salam buat kika, semoga baik n sehat selalu ^^

    Balas

  41. semoga dari kesalahan itu bisa belajar lebih banyak lagi dech🙂

    Balas

  42. Kika, lama tidak menyapa. hehe…
    ini blog saya selain yang http://harinancerah.wordpress.com🙂

    Balas

  43. hidup ini indah..
    salam

    Balas

  44. Thanx ea QK.. InsyaAllah.. Nice to know u.. bibi Lung.. 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: