Mengapa Allah Tak Memberikan Cobaan

Akhir-akhir ini QK sering dengerin temen-temen QK yang curhat tentang pacar-pacarnya, tentang ribut dengan keluarganya. Yang menurut QK sebenernya itu semua masih bisa di bicarakan, tapi kenapa mereka terlihat begitu bingung, begitu putus asa, begitu emosi. Padahal kalo dibicarakan baik-baik, dipikir dengan kepala dingin sepertinya semua masih bisa di atasi.

Sementara itu ada beberapa persoalan juga yang sedang QK alami, yang menurut QK sulit. Sampai QK mikir, kenapa QK diberikan cobaan yang seperti ini? Kenapa bukan seperti teman-teman QK yang lain? Kalo QK mendapatkan cobaan yang seperti itu pasti QK bisa ngelewatinnya.

Akhirnya, kembalilah QK pada pikiran-pikiran lama QK. Menurut QK ada 2 alasan mengapa Allah tak memberikan cobaan pada hamba-Nya. Yang pertama :

– Karena cobaan itu terlalu sulit untuknya, dan yang kedua adalah…

– Karena cobaan itu terlalu mudah baginya.

Allah tahu, kalo QK diberikan cobaan seperti teman-teman QK yang lain, mungkin QK akan dengan mudah melewatinya. ibaratnya QK sekolah kelas 5 SD, tapi saat ujian QK diberikan soal untuk anak kelas 3 SD. Maka QK pasti gampang banged ngerjainnya kan?

Tapi Allah juga nggak akan mempersulit hambaNya dengan memberikan cobaan yang tak mampu untuk dihadapinya. Mana mungkin siswa kelas 5 SD diberikan soal untuk anak kelas 1 SMP?

Jadi QK yakin, apapun bentuk cobaan yang diberikan olehNya  untuk QK. Pasti itu adalah yang terbaik buat QK. Cuma QK yang bisa, cuma QK yang mampu ngerjainnya. Sesulit apapun itu tapi QK pasti bisa, karena Allah nggak akan ngasih soal yang lebih dari kemampuan QK. Setiap soal pasti ada jawabannya kan? Tinggal kita bener atau nggak jawab soalnya. Kalo QK bisa jawab soalnya dengan baik dan benar… maka QK lulus ujian terus naik dech ke tingkat selanjutnya. Begitu juga dengan kalian semua kan😀

HIDUP!!! ^_^

83 responses to this post.

  1. Posted by Red on 4 Mei 2010 at 1:31 AM

    amat bijaksana untuk gadis muda seperti kika, salut!

    Balas

  2. Huaaa setuju banget dengan postingan ini.🙂

    Balas

  3. Hemh. . .bner bget mbak. . .memang allah melakukan semua itu untk memperkuat, mempertebal iman, srta mengingatkan. . Manusia, pda siapa sharusnya kita meminta pertolongan. . .tetap semangat mbak. . .jangan lupa. . .terapkan 3s. Senyum^_^salam, sapa

    Balas

  4. cobaan Insya Allah sebagai ujian seberapa iman dan taat kita pada Allah Ta’ala

    Balas

  5. Optimis terus selama hayat masih dikandung badan…….lanjutkan non..!!

    Balas

  6. yupz btul itu..???
    seratusss untuk qika…!!
    hahaha….
    allah tidak akan semata-mata menciptakan petir dan badai,,
    tapi allah juga menciptakan pelangi..?? indah kan..???
    kata-kata itu ake dpt kmr minggu dari seorang “gadis di sebuah pondok” QK…!!
    dia namanya ana,, anak pesantren di sukabumi…

    Balas

  7. Posted by ian on 4 Mei 2010 at 12:05 PM

    spereti kata orang Tuhan gag ngeberi cobaan ngelebihin kemampuan umatnya🙂

    Balas

  8. suka sm tulisan kika yg ini🙂

    Hiduuupp!!!!

    (^^,)

    Balas

  9. waw…(bijak)

    Balas

  10. kika sayang
    kamu hebat
    udah mengerti tentang hal seperti ini
    kereeen

    Balas

  11. iya bener QK….
    Tuhan kan tau kemampuan kita. Kalo kita dapat cobaan itu, artinya Tuhan menganggap kita mampu.
    Share ni K, tt pernah tulis juga di sini.. http://celoteh4ti.wordpress.com/2010/03/30/kenapa-harus-aku/

    Balas

  12. semoga istiqomah ya qika..
    met malam. ^^

    Balas

  13. iya ya.. *merenung* sepakat mbk😀

    Balas

  14. cobaanku adalah bangkit dari kegagagalan MLM karena kurang motivasi sama trauma ditolak. ngobatinnya gimana ya?

    Balas

    • trauma ditolak??? ditolak apa’an? cew???😀
      ngobatinnya jangan putus asa…. cew di dunia ini kan buaaaanyaaaakkkkkkkkkk banged… nggak mungkin kan nggak ada yang nyangkut satu pun😉

      gagal MLM karena kurang motivasi… nah itu tahu… karena kurang motivasi…
      kenapa nggak dicari… apa yang bikin jadi termotivasi😉

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  15. Posted by delia4ever on 4 Mei 2010 at 10:39 PM

    HIDUPPPPPPPPPPPPPP…
    suka banget dengan slogan Qk…

    dari masalah teman2 kita bisa belajar banyak hal….🙂

    Balas

  16. apapun cobaannya, saya tahu QK akan tetap berteriak HIDUP!!! ^_^

    Balas

  17. Bener banget, QK… kadang manusia terlalu ejoy dengan hoby “mengeluh”nya, sehingga nggak melihat adanya celah tuk menyelesaikan suatu pemasalahan🙂

    Balas

  18. I Luv Bibi Lung:mrgreen:

    Balas

  19. Posted by Lia on 5 Mei 2010 at 8:17 AM

    QK..Allah gak akan memberikan masalah, diluar batas kemampuan hambanya. Jadi percayalah kalau QK sedang mengalami sebuah masalah yang berat, itu tandanya Allah percaya QK bisa menangani masalah itu dengan baik..karena QK kuat,amin
    QK mampir keblog lia yuuk..sambil cuci mata hehe

    Balas

  20. yup…. Alloh ga akan ngasih cobaan di luar kemampuan qt kok😉
    semangaaat!!!

    HIDUP ^_^
    (niru trendmarknya QK :D)

    Balas

  21. good..good..good..

    Balas

  22. Allah itu adil dan Maha Tahu, jadi Allah memang tidak akan menguji seseorang di bawah atau di atas yang mampu ia tanggung🙂

    Nice post, QK.

    Balas

  23. yang mempersulit diri kita sendiri adalh sifat dan perilaku diri kita sendiri (menurut saya pribadi)

    salam adem ayem

    Balas

    • eh eh salam adem ayem… tapi nggak mlempem kan maz andi?😀 becanda….
      iya betul… yang mempersulit biasanya diri kita sendiri…😛

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  24. Posted by Yui on 5 Mei 2010 at 3:37 PM

    wah saya suka postingan ini,,

    cobaan,, kadang kita tidak menyadari apa yang tuhan ujikan kepada kita, karena cobaan itu ada yang berupa kekayaan, kegembiraan, kenyamanan… kadang kita lengah di situ..

    Balas

    • iya bener…namanya juga cobaan…
      mungkin bisa dibilang seperti datangnya setan ya….. bisa dari arah mana aja…😀

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  25. Waahhh…sepertinya ini jawaban dari tulisan saya yang terakhir (Janganlah Resah Sayang, Allah Sayang Kamu)…nyambung banget…
    …cobaan yang datang dari Allah itu suatu pertanda kalau Dia sayang dengan kita

    postingan yang bagus mbak🙂

    Balas

  26. allah menguji sesuai kapasitas manusia itu sendiri🙂

    Balas

  27. Semakin tinggi pohon itu semakin kencang angin yang menerpa. Jika kadar iman semakin kuat, maka semakin berat juga cobaan yang diterima, itulah bentuk kasih sayang-Nya agar kita bisa selalu ingat pada-Nya dan menjadi lebih baik lagi setelah melewati cobaan tersebut🙂

    Balas

  28. Yup
    Jadi karena itulah kita harus berbaik sangka dan bersemangat🙂

    Balas

  29. wah, hebatnya QK, bijak sekali meurunkan tulisan ini😀
    salam

    Balas

  30. bener bgt Qk..🙂

    Balas

  31. nice posting mba…^^

    Balas

  32. Wah,
    bagus ya tulisannya.
    Saya tunggu tulisan berikutnya ya Qk

    Balas

  33. dalam sebuah kitab suci yang pernah aq baca, tidak semata2 Tuhan memberikan cobaan/ujian kecuali Dia telah mengukur kemampuan sang Hamba. So, BENUL sekali postingan Non QK

    Balas

  34. setuju sekali dengan mazz Nuun …

    Balas

  35. Setiap cobaan pasti ada hikmahnya QK!!!! SETUJU…SETUJU🙂🙂

    Balas

  36. syukurilah QK …

    oke??

    Balas

  37. dua jempol deh buat posting ini🙂, oh ya posting yang dollar.. itu aku jadiin lengket, nempel terus jadi sebenernya blogging jalan terus

    Balas

    • waakkaka iya,,, dasar QK nya aja yg gag teliti…
      cuma lewat doank,,,
      tapi setelah QK ubleg ubleg tuch blog kamu…
      qkqkqkkq QK menemukan tulisan teratas:mrgreen:

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  38. Pagi Mbak..
    katanya sih.. klo dikasih cobaan karena yang Maha Kuasa itu sayang sm kita .. makanya dikasih tegoran…🙂

    Balas

  39. Posted by ahmad ismail on 3 Desember 2013 at 7:22 AM

    seberapa adilkah tuhan???? apakah cukup adil sehingga membiarkan seseorang bunuh diri???

    jika tuhan tahu batas maksimal kemampuan kita menghadapi cobaan iblis,,

    kenapa dia membiarkan seseorang bunuh diri????

    apakah tuhan menganggap orang itu sudah tidak berharga????

    tidah tahukah tuhan betapa dia berharga bagi banyak orang???

    kenapa tuhan tidak memberikan harapan kepdanya ketika dia sudah terlalu lelah untuk berharap????

    Balas

  40. cobaan itu sama halnya ujian saat kuliah ..
    semakin berat ujian maka semakin tinggi derajat nya , misalnya aja kita akan lulus kuliah ujiannya itu beda dengan saat kita ..

    lalu kalau bertanya ko ga selsai selsai ujiannya ? tanya dulu ke alloh berapa skl yg diberikan ..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: