Yang Paling Mudah Menyakiti Kita

Orang yang memiliki peluang paling besar untuk menyakiti kita adalah orang yang paling kita sayangi.

Pernah mendengar ungkapan itu?
Pernah mengalaminya?
QK pernah,, mungkin sedang mengalaminya.

Pernah nggak terpikirkan mengapa ibu kita selalu saja cerewet dengan setiap apa yang kita lakukan, atau mengapa keluarga kita selalu menginginkan kita begini dan begitu, atau juga kenapa sich pacar dan teman-teman kita selalu saja mengatur kita ini dan itu melarang kita dan mengharuskan kita melakukan yang seperti ini dan jangan yang seperti itu? Ya bener,, itu karena mereka sayang sama kita. Mereka ingin yang terbaik untuk kita, mereka ingin kita bisa dibanggakan di depan orang-orang lain yang ada disekitar mereka.

Percaya dech sama QK, kalau rasa sayang itu nggak ada dalam hati mereka, mereka pasti nggak akan mau susah-susah cerewet untuk kita. Buat apa? Cerewet itu capek loh.. Tak akan ada untungnya juga. Mereka nggak akan peduli dengan semua yang kita lakukan, toh nggak akan ada efeknya juga buat mereka. Mau kita pulang malem, mau kita nggak makan, mau kita sakit, atau mungkin kita jadi nakal, kita jadi perampok, kita jadi pecandu narkotik itu nggak akan ada pengaruhnya buat mereka. Karena mereka nggak sayang kita.

Lalu apa yang terjadi bila orang yang kita sayangi tak bisa melaksanakan apa yang kita inginkan demi kebaikannya? Kecewa. Sakit. Dan merasa nggak berguna. Paling nggak itu yang QK rasain bila orang yang QK sayang nggak mau dengerin omongannya QK.

Suatu ketika seorang teman dekat QK, yang QK tahu sebagai orang yang anti rokok selama QK kenal sama dia mendadak menghisap benda kecil berasap yang kata orang-orang nikmat itu. QK kaget, QK tanya sama dia sejak kapan dia mulai merokok? Dan dia jawab 2 mingguan.

“Kenapa?” tanya QK

Jawabannya cukup mengagetkan QK, stres.. itu katanya. Seperti apa sich masalah yang lagi dihadapinya sampai dia jadi berubah begitu? Jujur saat itu QK ngerasa sakit banged.. dan nggak berguna. Kenapa harus rokok? Apa QK sudah segitu nggak bergunanya buat jadi teman curhat sampai dia mengalihkan penghilang stresnya ke rokok? QK tahu rokok itu benda yang biasa, tapi akan jadi luar biasa kalau dia yang pakai. Kali ini rokok, lain kali apa.. minuman keras? QK juga nggak tahu kenapa bisa rasanya sungguh nggak berguna melihat dia seperti itu.. dan itu karena QK sangat sayang sama dia.

Saat yang lain, hati QK kembali di dera rasa sakit yang amat sangat gara-gara QK lihat adeknya QK dimarahin sama orang-orang dirumah. Padahal QK tahu adeknya QK nggak salah-salah amat, cuma karena semua lagi emosi aja, akhirnya semuanya jadi parah. Adeknya QK pulang kemalaman, dia sudah jelasin alasannya tapi orang rumah nggak percaya. Waktu itu adeknya QK diem dia memang selalu begitu cuma diam dan mendengarkan kalo lagi dimarahin. Tapi ternyata setelah itu dia nangis, QK sedih nggak bisa belain dia dan rasanya pengen ikutan nangis juga.

QK cuma bisa hibur dia, cuma bisa bilang .. mama, ayah, nenek, marahin dia sebenernya bukan beneran marah. Tapi mereka semua khawatir, dan itu karena mereka sayang sama adek. Meskipun memang menyakitkan disayangi dengan cara seperti itu. Lain kali jangan diulangi lagi seperti itu. QK juga yakin saat itu yang marah-marahin adek pasti juga lagi sedih karena sudah menyakiti hatinya, padahal mereka cuma terbawa emosi.

Dan sekarang, QK juga sedang merasa sakit dan nggak berguna. Kenapa? QK baru menemukan sesuatu, orang yang QK merasa dekat dengannya  mulai menjamah yang namanya minuman keras. Mulai kenal yang namanya mabok. Dan itu bikin QK sedih, sakit, kenapa dia bisa sampai seperti itu? Apa semua yang QK omongin nggak ada artinya buat dia,,,

Sudah QK bilang, jangan kenal dunia yang seperti itu. Dia jawab, dia bisa jaga dirinya.. itu janjinya. Tapi sekarang apa? Nyatanya rasa sayangnya QK nggak ada artinya apa-apa buat dia. Dan dia pun semakin jauhlah sudah,,,

76 responses to this post.

  1. Wah…, romansa anak muda, memang selalu menarik….🙂

    Balas

  2. Wah..nice posting ne..salam kenal ya QK..mampir ketempat lia yuuuk

    Balas

  3. THUMBs UP!!!!!
    Krena hanya org yg syg sm kita yg pdeuli pda hal skecil apapun dlm dri kita

    Semangat! Senyum!

    Balas

    • Lia : sudah meluncur ke TeKaPe mbak Lia😉

      @FiyaFiya : betul,,, coba kita gag sayang ma dia… mau dia jungkir balik kek apa juga kita biasanya gag peduli hehehe😛

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  4. berpeluang besar menyakiti adalah orang yang paling disayangi, mungkin karena perasaan yang ingin dimunculkan dari orang yang kita sayangi jauh melebihi dari kenyataannya. sehingga perasaan kita lebih sensitif. Kalau menurut konteks yg dituangkan di postingan, mungkin saja adeknya ingin mencari perhatian lebih dari orang-orang sekitar, sayangnya usaha mencari perhatian tsb arahnya pada jalan yang salah. Menurut mamang, rasa sayang mungkin bisa dinomor dua-kan setelah rasa peduli dan pengertian…

    terima kasih

    Balas

    • waahhh ndak mang… itu justru karena merekanya sayang nya terlalu berlebihan sama adek..
      jadi ini itu dibatasi.. padahal kan adek juga perlu ruang untuk bebas jadi dirinya sendiri..
      kalo QK sich… bukan gag peduli sama sekitar ya…
      tapi kalo gag sayang rasa peduli itu pasti sedikit sekali adanya😛
      orang peduli ya karena orang itu disayang,, jiah mbulet ae dah hehe

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  5. secara logika memang yang paling dekat memiliki peluang banyak berinteraksi dengan kita, dengan kita maka peluang untuk menyakiti juga sangat besar, ini hanya berbicara tentang logika, belum dikombinasikan dengan hati dan maksud tindakan yang dilakukan, karena bisa jadi apa yang dilakukan sama sekali tak bermaksud menyakiti kita tapi kita yang menerimanya itu kita anggap menyakiti kita

    Balas

    • hmm sepertinya QK salah mengambil judul postingan ya maz… hehe
      soalnya yg QK maksud “menyakiti” disini mungkin bukan bener” rasa sakit yang diberikan… tapi bagaimana kita merasa sakit saat kita merasa gag berguna buat orang yang kita sayang.
      ah rumit iks jelasinnya hahaha😛

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  6. konten yang menarik sobat…
    kunjungan perdana ni,salam kenal ya….

    Balas

  7. ehm nice post kQ aku setuju sama postngannya🙂
    salam pagi

    Balas

    • @aktifis sandal jepit : kenal balik😉 makasih sudah mau berkunjung kemari🙂

      @peri01 : wedewh,,, KQ katanya.. wkwkwkwkkw….. 😉

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  8. selamat pagi.

    buang saja semua rasa cinta dan benci dalam hati,
    biarkan kebosanan dan kegelapan menguasai hatimu😛

    terima kasih dan mohon maaf😮

    Balas

  9. ungkapan itu mungkin benar
    karena kita terlalu berharap lebih pada orang yg kitas sayangi🙂

    Balas

    • hu um mas… saat kita sayang sama orang biasanya kita ingin dia begini dan begitu…
      ingin dia jadi seperti apa yang kita inginkan… ingin yang terbaik buat dia…
      padahal ukuran baik buat setiap orang itu berbeda…
      jadilah… sakit sendiri… hehe…
      karena apa yang kita ingin dan apa yang ada berbeda…🙂

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  10. wah, bunda harus tanya ke anak2 bunda nih, termasuk ibu2 yg mana ya bunda?
    jangan2 termasuk yg cerewet dan marah2 melulu…….. :mrgreen:

    tapi, mudah2an gak lah……….. * sok yakin😀😀 *

    memang benar orang yg sering berinteraksi dgn kita ada kemungkinan utk menyakiti kita, namun perlu juga dilihat dr niat dan maksudnya, yg kadang tdk pas utk dimengerti oleh yg menerimanya.
    jadi, berusaha juga utk bijak menyikapinya ketika kita merasa tersakiti.
    salam

    Balas

  11. Posted by serdadoe tanpa markas on 30 Maret 2010 at 3:48 PM

    embuh ah keder !!!!!!!!!!!!!

    Balas

  12. ahh…. memang sakit y mbak…
    semoga org yg Q sayangi nggak dan jangan samapai menjamah brg2 seperti itu…
    doain aja biar dia sadar, klo dy dah g mw dengerin omongan Qt ada baiknya Qt mendoakan…
    itu kan juga membantu mbak…

    Balas

  13. wah, kisah roman muda-mudi…
    salam kenal, baru mapir😀

    Balas

  14. Posted by Bee'J on 30 Maret 2010 at 5:40 PM

    mungkin karena kita mengharapkan sesuatu dari orang yang kita sayang. dan pastinya kalo kita mengharapkan sesuatu pasti hasilnya adalah kecewa, kalau sudah kecewa pasti sakit rasanya😀
    begitu bukan ya? hehehe sotoy ah…😀

    Balas

    • hhehe,,, mngkin juga….. seperti yang QK sebutin di jawaban comment yang atas” itu…
      saat kita sayang sama seseorang kita pasti ingin yang terbaik buat dia… kita jadi pengen dia ngelakuin ini itu… pengen dia begini begitu…
      padahal baik buat tiap orang itu kan beda”…
      akhirnya saat yang kita temui gag sesuai dengan apa yang kita inginkan sakit yang ada🙂

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  15. ya begitu mbak…namanya juga kehidupan…emang sakit klo yg kita sayangi ternyata mengecewakan ya mbak..

    Balas

  16. Posted by delia4ever on 30 Maret 2010 at 10:18 PM

    QK…
    ketika nasehat tidak lg penting buatnya.. coba untuk tidak menasehatinya…
    lakukan hal2 lain.. seprti surat.. perhatian yang beda, memberikan dia sekotak susu cair…pokoknya bentuk perhatian lain….. jangan malah menjauhinya…. krn itu akan membuat dia lebih terjerumus..
    coba andaikan diri QK diposisi dia
    itu untuk masalah yg mabok itu loo…🙂

    kalo masalah orang tua yg memarahi anaknya.. Kita baru akan tahu kenapa orang tua suka marah2 ketika kita nantinya jd orang tua.. skrg coba lah untuk mengerti mereka…🙂

    semua itu terpulang dr prasaan.. kenapa ada ungkapan diatas ? itu benar kok.. krn klo bukan orang yg kita sayang memarahi kita.. kita bisa membalas dgn memarahi mereka… tp bagaiman dngn orang yg kita sayangi ?

    semangat ya sist🙂

    Balas

    • QK tau sich mbak kenapa koq orang rumahnya QK marah” ma adek…:mrgreen: mereka itu terlalu sayang mbak… jadi gini gitu gag boleh… takut kenapa”… padahal tanpa ortunya QK sadar… mereka udah mematikan kreatifitas anak”nya secara nggak langsung hehe…
      di satu sisi QK juga tau gmn perasaanny adeknya QK waktu itu,pasti sedihlah…
      dia kan udah jelasin, tapi tetep aja dianggep salah… QK kan juga pernah ada d posisi seperti ini….
      jadi ya giman gitu rasanya..

      pengen ada di pihak ortu… tapi Qk tau gimana rasanya berada di posisi adek…
      maunya ada di pihak adek,, tapi kan QK juga tau apa yang dilakuin ma ortu QK itu demi kebaikannya juga..hehe serba salah wes😀

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  17. betul, kika… rose juga ngerasa kek gtu… sakiiit bgt kalau dibuat kecewa ma org yg kita sayangi… masih mending orang2 biasa saja ya… yg ga deket2 ma kita dan ga terlalu masuk ke lingkup hati kita..

    Balas

    • setuju ma rose…^^ ntar habis ini, rose pasti bikin puisi sedih hatinya dech…. intipin ke kebunnya ya Kik… ^^

      Balas

      • @mbak rose : hehe,,, hu um mbak… semakin dekat kita dengan orang” itu semakin besar kesempatan untuk tersakiti…. dekat loh ya… bukan cuma sekedar berinteraksi secara biasa hehe

        @sunFLo : wah wah… iya nanti QK melncur ketempat mbak rose mbak FLo😉

        HIDUP!!! ^_^

        Balas

  18. terkadang rasa sayang kita pada org yg kita cintai terungkapkan dalam bentuk cerewetnya kita ya Kik?
    kita cerewetkrn kita peduli dan tak ingin org yg kita sayangi jadi jelek… dia akan merasa betapa perhatiannya kita padanya, kala dia telah jauh atau berpisah ma kita… suatu saat dia akan ingat dan membenarkan kata-kata kita…

    Balas

  19. Aku juga pernah kaya gitu,,tapi suatu saat kalau sudah terpisah dengan orang – orang yang disayangi dia akan sadar dengan sendirinya..:)

    HIDUP..!! ^_^😀

    Balas

  20. Orang yang paling kita sayangi .. terkadang memang sering ‘menyakitkan … namun juga yang ‘banyak menyenangkan kita … !!

    Balas

  21. “Orang yang memiliki peluang paling besar untuk menyakiti kita adalah orang yang paling kita sayangi.”
    Bukan pengalaman pribadi kan mbak? Memang seh antara sayang dengan benci hanya berbatasan dengan membran tipis, dan apapun bisa terjadi, Nice blog, salam kenal ya mbak, trimakasih udah berkunjung di blog saya, smg kita bs saling mengunjungi, amiin..

    Balas

  22. qk sayang sbnrnya dia melakukan itu utk mencari perhatianmu
    semakin dia mabok pastilah qk akan semakin cemas kan
    teruslah ingatkan dia utk berhenti tp jangan berlebihan
    aq prnh ngelakuin ky gini demi perhatian alm ayahku dulu😀

    Balas

  23. tentang ade QK yang dimarahin itu…
    untung ada QK yang menghibur ya, aku dulu serasa lonelyyy banget kalo habis dimarahin ortu…jd ngerasa ga disayang..tapi setelah jadi ibu, aku jadi tau perasaan ortuku waktu memarahi aku dulu..

    hmm..jadi instropeksi, kalo aku marahin anakku yang masih kecil itu, pasti dia sedih banget ya..padahal dia masih kecil, taunya main doang…😦

    Balas

    • iya mbak… klo dimarahin tuch rasanya gimana gitu.. hehe….
      itulah…. terkadang kita kebawa emosi… baru dech setelah semua lewat rasanya nyesel banged gitu…😦
      ternyata secara nggak sadar kita udah menyakitinya.😦

      Balas

  24. hemmm …
    menarik … kisah anak muda …😀

    Balas

  25. Sebenarnya jalan hidup seseorang itu adalah pilihan yang hanya bisa ditentukan oleh dirinya sendiri, kita gak bisa menentukan orang lain harus menjadi apa. Sebagai teman, saudara atau apapun itu yg membuat kita merasa dekat dengannya, hanya bisa memberikan masukan agar dia bisa memahami dengan sendirinya apa yang telah dia lakukan. Yang pasti kalau kita memang punya niat baik untuk membantunya, jangan terlalu dipaksakan harus berubah seperti ini, itu harus gini.. Kita harus perlahan-lahan membantunya.. Suatu saat pasti orang itu akan memahaminya kalau kita gak menyerah untuk membantunya🙂

    Balas

  26. sulit menjadikan seseorang sebagai pencerminan yang ideal di dalam duni yang tak pernah ideal…

    salam cappucino

    Balas

  27. hmm,, bagus tuh…
    benar2 cerita anak muda…

    Balas

  28. yg bener ; orang yg bisa menyakiti kita adalah orang yang, kita membuka hati kita untuknya…

    eh eh eh

    salam hanga dari MALANG yg dingin

    Balas

    • hahaha iya ya mbah… klo kita gag membuka hati buat dia pasti dia juga gag bakalan bisa sakiti kita ….
      betul betul betul…
      qkqkkqkq

      eh eh mank malang masih dingin kah mbah?

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  29. Terkadang para orang tua memang aneh dalam menunjukkan rasa sayang mereka. Memarahi itu sebuah bentuk kepedulian🙂

    hidup kika!😀

    Balas

    • ya kan kalo mereka marah juga demi kitanya… sebenernya kita nya yang bandel ato mank mereka para orang tua yang banyak maunya ya??
      qkkqkq

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  30. Posted by kidungjingga on 1 April 2010 at 11:02 AM

    hmm… saya cerewet ga ya….
    ‘dia’ bilang saya sangat cerewet.., tapi dia bilang suka dicerewetin.
    nah lohhh…
    mungkin gara2 itu ya susah nurutnya, abisnya seneng kalo saya cerewet…
    xixixi….

    Balas

  31. haiii kikaaa.. kunjungan balasan ^_^

    yg paling ngeselin adalah kalo kita mencoba utk mengingatkan tapi dianggep ngatur2 hehehe…

    salaaamm ^__^v

    Balas

    • 😀 makasih sudah di balas kunjungannya mbak hehe😛

      hu um mbak bener…. padahal kita maksudnya baik loh…. tapi ya itu tadi…. baik menurut orang” itu beda sich… bisa aja kita nganggep baik padahal buat dia itu nggak baik hehe
      (salah ya?? kalo yang baik mestinya tetep baik ya mbak??? wah jadi bingung :P)

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  32. QK,
    ga perlu menyalahkan diri sendiri, kadang harus disadari tiap orang punya pilhan masing2, meski itu orang paling dekat sekalipun, karena QK sendiri juga punya pilihan sendiri…..Semangat!

    Balas

    • ya rasanya nggak berguna aja mas saat orang yang q rasa kenal ma dia, q rasa deket ma dia, eh dia nya malah seperti itu… hehe bingung yak ma bahasanya QK…
      memang nggak bisa di ungkapkan dengan kata” koq😕

      HIDUP!!! lah… ^_^

      Balas


  33. Kalo sering disakiti jadi kebal lho..🙂
    Yang jelas semua orang harus merasakan sakit, supaya lebih mensyukuri nikmat..
    Semoga mental qk lebih kuat..
    Selamat merasakan hidup kawan..😉
    ..

    Balas

    • harusnya begitu ya Ata… hehe… kebal sich kebal…
      tapi sakitnya tetap terasa😛

      Ah sudahlah biarin aja, gpp. hidup juga hidup dia sendiri qkkqkkqkq😛
      Sakit tetep terasa yang penting kan gimana cara mengatasi rasa sakitny😮

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  34. Aneh kok orang bisa suka alkohol ya. Padahal rasanya ngga enak, pahit. Persis seperti minum obat.

    Lebih enak makan cokelat atau strawberry juice.

    Ada pepatah mengatakan, “hidup sudah pahit, kenapa harus mengkonsumsi yang pahit2 lagi?”

    Balas

    • betul betul,, eh tapi QK gtau rasanya alcohol dink… ehehe..
      kalo kata QK biasanya sich Mik.. HIdup dah sulit ngapain dipersulit lagi? hehe….
      nah itu sekarang QK tujukan buat QK aja… ngapain juga ngurusi orang laen… malah bkin tambah sakit…😀

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  35. Tiap pribadi berkembang melalui beberapa fase. Salah satunya fase ‘kegelapan’. Ada yang melaluinya dengan makin rajin ibadah. Ada yang melaluinya dengan mabuk-mabukan, narkoba, rokok, dsb.

    Kalo orang yang kita sayangi melalui fasenya dengan cara pertama, tentu kita ngga khawatir ya… Tapi kalo pake cara yang ke dua?

    Ngga perlu khawatir juga, karena 2 jalan itu menuju ke tempat yang sama. Dari mabuk, narkoba dan hal-hal negatif lainnya, dia pasti dapat pengalaman dan pelajaran berharga sebanyak, atau mungkin lebih banyak dari mereka yang rajin ibadah.

    Balas

    • bener juga mbak… hehe… tapi meskipun menyadari itu tetep aja sedih kalo orang” yang dekat dengan kita memilih fase yang kedua iya kan?

      meskipun dengan tujuan yang sama tapi pasti kita selalu mengharapkan orang” terdekat kita memilih fase yang benar.. jalan yang benar … ato paling nggak sejalan dengan kita kan?

      hehe😛

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  36. setuju dg pernyataan bahwa yg paling mudah menyakiti adalah org yg pernh kita sayangi…dan itu pernah terbukti kepada saya dulu…dan mungkin masih ada bekasnya hingga sekarang..

    Balas

    • iya karena kita peduli… pengen yang terbaik buat dia padahal arti baik buat setiap orang mungkin berbeda” ..😦
      yach pokoknya begitulah…

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  37. Yah kita selalu berharap orang yang kita sayangi itu juga menyayangi kita, memperlakukan kita sebagai mana kita memperlakukan dia.Nah disitulah letak sakit hatinya……..karena kita terlalu berharap lebih, Biar hilang sakit hatinya kita harus belajar ikhlas…… seperti kata pak ustadz….

    Balas

  38. numpang koment ,
    Dunia ini saling terhubung dalam alam rasa. hidup ini bicara rasa, menyakiti atau tidak sengaja menyakiti sering terjadi karena kita saling berinterakasi, sy tidak bisa memberikan komentar, panjang lebar, sy tahu, sy sendiri kadang sering tersakiti, semakin mengalah orang semakin bikin, tp tuhan maha tahu dan maha adil, Dia akan mengatur semuanya. Ucapan ini kadang bisa menyakiti, control lah ucapan dan perbuatan, dan karena orang yang dekat dengan kitapada umumnya menginginkan sesuatu perhatian yang lebih dari kita, cuma orang yang di inginkan tersebut tidak mampu memahami atau mewadahinya atau nge-mot rasa itu, keinginan itu ataupun yang di harapkan.
    jangan paksakan kehendak dan keinginan, itu menyakiti orang. kl ndak mau di kasih tahu ya sudah, suatu saat kl tuhan berkehendak pasti dia sadar. perhatikan orang lain kl kita mau di perhatikan, mengalah itu tidak mudah, kecuali kita punya iman yang kuat. iman yang teruji bukan iman dari hasil membaca. Rasa……kan dengan baik iman itu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: