Mimpiku Masuk Yang Mana…

“Aku melihat sosok hitam itu, kemudian sosok hitam itu mondar mandir di sekitarku. Aku amati dia, sepertinya aku mengenalinya. Semakin lama semakin tampak jelas.. tiba” dia memegang bahuku. Dan saat itu aku begitu jelas melihatnya, adekku. Kenapa? Kenapa dia ada disini. Dia tersenyum, kutarik dia keluar ruangan menjauh dari orang”. Aku ajak dia bercerita”, ku tanya gimana kabarnya.. sampai akhirnya waktu itu tiba. Dia harus kembali. Aku lihat dia pun tak rela meninggalkan semua, tapi dia harus pergi. Dia terdiam di sudut ruangan. Aku mencoba menahan kepergiannya, dia tak bersuara. Dia meneteskan air mata, aku pun juga. Sesaat kemudian aku terkejut dan terbangun dari tidurku… dan air mata pun telah membasahi pipi…”

Astaghfirullah….

Itu mimpi yang ku alami beberapa waktu yang lalu. Mungkin karena sebelum tidur lupa berdoa kali ya:mrgreen: atau mungkin juga karena akhir” ini merasa kangen dengannya(adek)😦 jadi setan” itu berusaha mengusikku lewat mimpi:mrgreen:

Au’ ah…😯

Mimpi, siapa sich yang nggak pernah mengalami hal yang satu itu? Kata orang mimpi itu bunga tidur. Lha kalo bunganya melati atau mawar nggak apa-apa. Tapi kalo bunganya bunga bangkai alias mimpi buruk? Siapa yang nggak takut?

Rasulullah SAW bersabda bahwa mimpi itu ada 3 sebab (sebab datangnya mimpi kita maksudnya) :

1. Datang dari Allah SWT (mimpi baik)

2. Datang dari Setan (mimpi buruk)

3. Dari bunga tidur (akibat pikiran yang terlalu dalam tentang sesuatu biasanya sebelum tidur)

Setelah googling” dan menimba ilmu dari mbah google akhirnya sekarang QK mencoba untuk mencerna apa yang QK pahami ya… :-o(sebelumnya, mohon maaf bila ada salah” kata atau salah penafsiran atau yang salah” lainnya).

Mimpi dari Allah SWT, mimpi baik.. dalam islam bila kita bermimpi baik maka hendaknya kita ceritakan kepada orang lain. Karena, siapa tahu ada malaikat yang mendengar kemudian turut mengamini apa yang kita ceritakan. Selain itu menurut QK, bukannya berbagi kebaikan dengan orang lain adalah sesuatu hal yang baik? Jadi ya kenapa nggak dan kenapa mesti ragu untuk melakukan itu.

Mimpi dari setan, mimpi buruk. Sebaiknya kita nggak menceritakan mimpi buruk yang kita alami. Karena, begitupun dengan mimpi baik yang kita ceritakan. Apabila malaikat mendengar apa yang kita ceritakan kemudian mengamini agar menjadi kenyataan… Nah siapa yang mau coba mimpi buruknya jadi kenyataan? Tapi sepertinya kalo QK sich mimpi buruk ataupun baik biasanya QK ceritain:mrgreen: ya walaupun nggak kepada semua orang. Rasanya pengen berbagi gitu..(berbagi ketakutan heee,,, :mrgreen:)

Mimpi sebagai bunga tidur. Nah kalo yang ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Paling gampangnya sich penjelasannya biasanya karena kita terbayangi oleh sesuatu. Kepikiran. Jadi sampai kebawa” mimpi. Hayoo siapa yang pernah mengalami mimpi seperti ini..terbayang sesuatu sampai terbawa” mimpi😀

Jika Mendapat Mimpi Buruk

Namun karena mimpi buruk itu dilarang menceritakannya, jika kita tak bisa menafsirkannya, jangan bertanya pada siapapun, simpanlah dan berdo’alah. Setelah mendapat mimpi buruk, jika kita sempat terbangun sejenak dari tidur, bacalah A’udzubillahi minasy syaithanirrajiim (Aku berlindung pada Allah SWT dari setan yang terkutuk), lalu meludah 3 kali ke arah kiri dan tidurlah kembali dengan miring menghadap kekanan. Tidur yang baik selain menghadap ke kanan adalah menghadap kiblat. Dan disunnahkan pula sebelum tidur kita mengambil air wudhu’, karena ada sebuah hadist yang menyebutkan seandainya nyawa kita diambil saat kita tidur, paling tidak kita sudah dalam keadaan suci dan ini lebih disukai oleh Malaikat Pencabut nyawa.

Mimpi bertemu orang yang telah mati

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa saat kita tidur, nyawa kita ini seolah-olah dipegang oleh Allah SWT seperti nyawa orang mati. Dengan kata lain, kita berada di alam/dimensi nyawa/ruh. Jadi jika kita bertemu dengan orang yang telah mati, jangan takut, itu wajar sekali. Biasanya orang yang telah mati tidak berkata-kata dalam mimpi orang lain, tetapi jika itu terjadi berhati-hatilah karena bisa jadi justru mimpi itu berasal dari syetan. Jadi jangan dianggap serius kecuali kata-2 itu bagus.

Mimpi bertemu Rasulullah SAW

Ada pula orang yang mengaku mimpi bertemu dengan Rasulullah SAW. Disini kita mesti waspada. Memang benar Rasulullah SAW bersabda bahwa setan tidak bisa menyerupai Rasulullah SAW di alam ruh/mimpi, jadi jika ada yang mengaku bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi berarti memang benar. Tetapi hati-hati dulu. Apakah kita pernah melihat wajah dan tubuh Rasulullah SAW yang sesungguhnya ? Bukankah beliau telah meninggal dunia 1400 tahun yang lalu ? Jadi hadist diatas bisa saja terjadi pada orang-orang yang pernah bertemu / di zaman Rasulullah SAW. Namun bukan tidak mungkin ada seorang yang benar-2 dekat dengan Allah SWT (disebut wali) yang diberi keistimewaan ini (mimpi bertemu Rasulullah SAW).

Hm,, QK nggak ngerti mimpi QK termasuk di mimpi yang mana. Mungkin karena kepikiran? Yach apapun mimpi yang kita alami, yang pasti jangan lupa berdoa sebelum tidur😉

Sumber :
http://n4il4.multiply.com/journal/item/60/Misteri_Alam_Mimpi_
http://hadits-albukhari.blogspot.com/2009/12/ketika-mendapat-mimpi-buruk.html

25 responses to this post.

  1. Assalamu’aikumWrWb.
    Smoga malam ini dan malam – malam seterusnya kita selalu mendapatkan mimpi baik (yang datangnya dari Allah SWT).

    Salam Kenal

    AndrikPrastiyono.Net

    Balas

  2. Sekali masuk bayar seribu🙂

    Balas

  3. nice share,mba..

    Balas

  4. ayok segera wujudkan mimpi2 indah menjadi kenyataam!

    Balas

  5. setuju nih mimpi baik ato buruk jangan diceritakan ke siapapun.. kecuali memang ngoareeeeeeeeeep banget terjadi. hehe. semangat ya kika ^^

    Balas

  6. Kalau mimpi menjadi duit ada juga neh..di sini http://www.galaxytoto.com/out_nomor.php?market_ID=1. Trus panduannya http://cocomeo-blog.co.cc/?p=186. :p.
    Sangat tidak dianjurkan bila belum cukup umur..:D
    Nice Posting..Salam Kenal..:)

    Balas

  7. Posted by Abu Ghalib on 24 Maret 2010 at 8:31 AM

    tapi terkadang rasanya berat sekali untuk tidak menceritakan suatu mimpi yg dialamai kepada orang lain

    Balas

    • iya abu… bener.. mau mimpi baik mau mimpi buruk tetep aja rasanya pengen berbagi sama orang laen… apalagi yang buruk” tuch biasanya… klo yang baik” malah kadang disimpen sendiri.. paling cuma senyum” aja:mrgreen:

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  8. bunda rindu dan ingin sekali mimpi bertemu dengan Junjungan kita Rasululllah saw, mungkinkah?
    salam

    Balas

    • waduwh QK juga kurang tau bunda:D
      kita bedoa saja… semoga kerinduan bunda bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi dapat terkabulkan dan terobati…amin….🙂

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  9. Ih, saya kok malah kebalik ya… Kalo mimpi buruk malah saya ceritakan, biasanya kalo diceritakan mimpinya ngga sampe terjadi. Kalo mimpi baik saya simpen sendiri biar terjadi. Tried and true, for me though…😀

    Balas

    • sama mbak yeo… QK juga gitu koq…
      klo yang buruk aja langsung di kabar”i dah ke semua”nya…
      giliran dapet yang baik paling cuma senyum” sendiri..:mrgreen:

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  10. nice post.. mimpi buruk memang sebaiknya tidak dikabarkan sama orang lain, akan menimbulkan asumsi bermacam – macam apalagi jika yang bersangkutan bukan mereka yang ahli menafsirkan mimpi berdasarkan Al-quran

    salam kenal dari aceh😀

    Balas

  11. Qk gi kngn ma adek iaa….
    mgkn jg kebawa mimpi itu, Q srg jg mmpi kaya’ gitu, tapi setelah dipikir2 mgkn mank krn terlalu dipikirin jd kebawa mimpi….

    Balas

  12. Moga selalu mimpi baik
    Paling engak mimpi yg bunga tidur aja🙂

    Balas

  13. Hmmm… kalo saya jarang bermimpi. Yang pasti2 aja deh… *loh, bukan ‘mimpi’ yang ini!!*

    Balas

  14. Posted by ceto on 14 April 2010 at 10:25 PM

    mimpi banyak punya arti, hanya diri yg tau di kemudian hrri, kdng jg jd implikasi

    Balas

  15. Posted by suwegad on 29 Juni 2010 at 3:55 PM

    kok saya jarang bermimpi ya kalo lagi tidur… kenapa tuh…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: