Tips Menghilangkan Kecanduan Pada Rokok

Masih seputar benda kecil bernama rokok, kali ini saya mau ngebahas gimana sich caranya biar bisa terlepas dari kecanduan benda berasap yang merugikan itu?? Hm, sebenernya sudah banyak juga sich artikel” mengenai cara” menghilangkan kecanduan terhadap rokok ini. Tapi kan QK pengen ngasih tau cara yang “pas” menurut QK aja :mrgreen:

Akhir” ini mulai sadar kalo rokok tuch bahaya banged buat kesehatan, tapi udah terlanjur kecanduan sama yang namanya rokok. Jadi gimana donk iniiii… :-o pengen berhenti tapi susah banged… :(  ya udah,,, QK kasih cara menurut QK aja ya.. :P

Jadi yang pertama dan paling penting dari yang paling penting (nah loh… bahasanya haha :D) adalah… NIAT. Apapun yang mau kita lakukan kalo niatnya kurang yaa Insyaallah bakalan sulit banged buat melakukannya. Biarpun dikasih semangat sama orang sejagad tapi kalo niatnya kurang ya percuma aja. Dijamin gagal. Jadi mending nggak usah daripada ngerepoti diri sendiri ma orang” yang kasih semangad. So,, yang petama adalah niat yang bener” kuat.

Yang kedua, USAHA. Kalo Cuma di niatin aja tapi nggak ada usahanya juga percuma. Mubadzir lah niatnya… Cuma niat doank pengen berhenti ngerokok tapi gag ada usaha buat berhenti atau sekedar mengurangi. Ya sudah wassalam kalo kaya’ gitu.

Nah kalo niat udah, terus usaha yang model seperti apa nich yang mau dilakuin buat menghentikan kebiasaan buruk ngerokok itu? Sebenernya banyak cara sich, tapi QK pilih cara yang ini aja dech. Coba kurangi satu persatu setiap hari rokoknya.

Jadi gini, coba hitung  sehari anda paling banyak menghabiskan berapa bungkus rokok. Lalu coba niatkan, mulai kapan anda memulai program menghentikan kecanduan rokok anda itu. Misalnya sehari anda paling banyak menghabiskan 3 bungkus rokok, lalu anda meniatkan untuk mulai program berhenti merokok pada tanggal 11 maret 2010. Maka mulai 11 maret 2010 mulai lah mengurangi konsumsi rokok anda satu persatu setiap harinya.

Tanggal 11, menghabiskan 2 bungkus lebih berapa batang… terus tanggal 12 kurangi sebatang lagi, tanggal 13 kurangi sebatang lagi… begitu seterusnya… sampai akhirnya habis sama sekali. Jangan coba” menambah jumlah rokok yang anda hisap biarpun Cuma sebatang (apalagi nambah sebungkus hee,,,). Biasanya saat jumlah rokok yang anda hisap mulai memasuki angka yang sedikit… 6 batang sehari, atau 4 batang sehari maka anda akan mulai merasakan kesulitan. Namun ingat,, jangan coba” menambah jumlah konsumsi rokok anda meskipun hanya sebatang. Lebih baik anda stagnan pada tingkat yang telah anda capai. Biarkan dulu anda menghisap 6 batang rokok sehari. Mungkin sampe 3 – 4 hari tetap lah bertahan pada posisi itu. Lalu mulai lanjutkan kembali dengan menguranginya satu persatu.

Yaa kalo menurut saya sich itu udah cara yang paling mudah. Kalo emang nggak bisa berhenti secara langsung. Memang sich bicara tak semudah melakukannya, tapi sekali lagi asalkan dengan niat yang benar” kuat saya yakin anda semua pasti bisa.

HIDUP!!! ^_^

About these ads

79 responses to this post.

  1. hiddduuuuppp !!!!
    kika sedang giat2nya mengkampanyekan anti rokok..^^ ayo kita dukung diaaaaaa….!! merdeka!!

    Balas

  2. Hidup rokok….. eh keliru, maaf.. Hidup yang tidak merokok…!!!

    Balas

  3. Posted by ayud on 11 Maret 2010 at 1:06 PM

    hu um aq stuju
    yg penting niat, baru usaha
    prcuma usaha klu ga niat n ga sadar bahaya mrokok

    hiduuuuuuuuuuuup……………………….

    Balas

  4. Posted by darahbiroe on 11 Maret 2010 at 1:27 PM

    alhamdulillah saya tidak perlu memaki ini saya emang anti rokok heheheh amau bauna ajah udah pusink :D

    good new kika

    Balas

  5. salam kenal…
    memang apapun yang ingin kita rubah terutama dari yang kurang baik menjadi lebih baik itu harus diniatkan dalam hati terlebih dahulu…SEMANGAT….!!!!

    Balas

  6. rokok oh rokok…… indonesia trmasuk penghasil rkok trbsar di asia, bahkan 10 orang terkaya di indonesia .. trnyata jd pedagang rokok.. ckckkckkckck ….
    andai dunia ni tanpa rokok..ehm gmana ya ^^

    Balas

  7. Wah perlu d baca lg nie tips menghilangkan candu rokok na..!! Coz msh tetap jebul nie asap..,
    makasih ya Qk kunjungn na d spirit 89 blog..,
    salam kenal..,

    Balas

    • waahhh berarti niatnya kurang itu….. :D
      terus berusaha pasti bisa!!! ;)
      yaa paling nggak jangan ngajak” orang laen… ‘n hargai orang laen yang pengen menghirup udara bersih :P

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  8. Susah-susah gampang Mba’
    Gampang-gampang susah Mba’

    Haduh, barang kecil yang berdampak sistemik. Hallaahh ngemeng apa saya ini.
    HIDUP :)

    Balas

    • hu um mbak najwa gampang gampang susah susah…
      sebenernya sapa sich yang menciptakan rokok tuch,,, barang kecil tapi koq merepotkan..

      HIDUP!!! ^_^

      Balas


  9. Nambahin ya..
    Niatnya harus untuk diri sendiri bukan karena pacar ato kekasih, biasanya kalo udah putus ngebul lg tuh..

    Kalo pengalamanku berhenti agak aneh, disuatu pagi pas bangun tidur tiba-tiba aku pengen stop merokok dan…
    Ta..ra…!!
    Aku dah stop total merokok..
    16 bulan, lumayan lama sih tapi tetap belom aman dr godaan..
    He..he.. :-)

    Balas

    • wah ada yang berbagi pengalaman nie,,, hehe..
      hu um bener banged septa… niatnya harus buat dirinya sendiri…. klo bukan karena diri sendiri tar kalo alasan itu ilang kebanyakan balik lagi… :) thanz dah ditambahin ;)

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  10. mantabbbb… mari hidup tanpa rokok…. lebih indah.. lebih sehat… :)

    Balas

  11. Bagaimana sih rasanya rokok ? kok banyak yang suka ? hehe

    Balas

    • wah wah…. jangan penasaran maz….
      yang awalnya penasaran itu yang bisa bikin kecanduan hehehe…
      semua bermula dari rasa penasaran ;)
      seenak apapun yang pasti rokok itu merugikan :P

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  12. Mari hidup sehat tanpa rokok! ^_^

    *ngarep….*

    Balas

  13. cara paling ekstrim jangan dekat-dekat sama rokok kalau rokoknya mendekat (ada yang nawari, atau dekat toko rokok) maka pura-puralah tidak tahu, atau kaburlah yang jauh

    Balas

  14. setuju banget yang penting niat
    Q jg dulu pecandu rokok tp karena niat ingin berhenti akhirnya bisa berhenti ampe skrng, palagi dirumah jg diberlakukan anti rokok…
    jd sangat membantu keinginan untuk berhenti merokok

    Balas

    • wah bagus itu kang ozy ;) selamat dech sudah berhasil terlepas dari belenggu asap rokok :D
      sedikit ato banyak pasti ada rasa bangganya itu :D

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  15. Rokok Sangat berhaya bagi diri sendiri dan orang di sekitarnya. Namun kebayakan orang masih menganggap enteng dengan bahaya rokok!
    Asap Rokok mengandung 4o bahan kimia penyebab kanker, sejumlah kecil racun seperti arsenikum, dan sianida serta lebih dari 4000 bahan kimia lain. Saat merokok, serangkaian bahan kimiawi ini menjelajah ke organ vital tubuh macam otak, paru-paru, jantung dan pembuluh darah. Udah gitu, tubuh kita jadi terpolusi bahan kimiawi yang bisa memicu Kanker dan Kecanduan. Asap rokok juga mengandung Karbon Monoksida yang kalo dihirup bakalan nge-ganti fungsi Oksigen di sel – sel darah terus ngambil zat makanan dari jantung, otak, dan organ tubuh lain. Selain itu, dengan merokok, kita juga mematikan indra pengecap dan pencium sehingga kita ga’ bisa lagi ngerasain lezatnya makanan seperti biasanya. Dan Unsur utama dalam rokok yaitu Nikotin. Nikotin ini ngerangsang zat kimia di otak yang mengakibatkan kecanduan. Zat kimia ini merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang mengganggu jantung akibat tekanan darah dan denyut jantung meningkat.

    Yang Terpenting! Dengan Merokok, Anda telah menyia2kan uang (dgn membakarnya) Alangkah bagusnya dijika dipergunakan untuk hal yang lebih penting!
    Untuk Menunjukkan kejantanan laki2 bukan dengan merokok.. “Semua Perokok Pasti Bermasalah” Terutama Masalah dengan Lingkungan / area merokok yg kian hari kian menyempit.

    Terimakasih – Salam kenal dan sukses selalu – BLoGGeR Cianjur

    Balas

  16. sepakat!!! :) terima kasih sudah menambahkan mbak :D

    HIDUP!!! ^_^

    Balas

  17. wah…tips bagus juga nih, tetapi Alhamdulillah saya berhenti merokok tanpa trik tanpa tips, dengan Bismillah langsung berhenti hingga saat ini. yang penting seperti QK bilang, NIAT secara bersungguh-sungguh dan jalanin niat itu. sukses…!

    Balas

  18. Alhamdulillah…. selamat datang di dunia yang lebih sehat bebas dari asap dan racun rokok :D
    tuuuchhh kan… kawan”… nie maz yusami contohnya…. bisa kan asal ada niat dan bener” menjalankan niatnya :D

    HIDUP!!! ^_^

    Balas

  19. Posted by zombie on 12 Maret 2010 at 5:15 PM

    wow banyak yg berhenti, banyak yg penasaran rasa rokok.

    kl aq,,, hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm ????

    Balas

  20. Posted by bri on 14 Maret 2010 at 11:32 AM

    met hariii mingu kika, apa kabarrr?
    merokok = berkurang = nanti mudah mudah an bisa setop ^o^

    Balas

  21. gambar nya keren bagt tuh…
    mantabs

    Balas

  22. Posted by wallout on 26 Maret 2010 at 10:19 AM

    waduuuuh…
    kalo udaah k’candu’aan beraat gmana ????

    ga’ bisa d’tinggalin daah kalo nurut saya yg namanya rokok!! hehe….

    Balas

  23. wah, bner tu mb….tips jitu, perlu dicoba ma para perokok, insyaallah bs koQ… ;)

    Balas

  24. yang penting niat… hehe…
    tanpa itu semua asalkan niat pasti bisa :D

    HIDUP!!! ^_^

    Balas

  25. Posted by dIla on 3 Juli 2010 at 11:52 AM

    tP yG aq tW C….

    co Yg sKA ngerOKOk LAw DI tNya MO milih pcr ATW rokok
    JWb NA pastI rokok..

    CZ tanpa RoKOk RASa NA sePi..

    Balas

  26. Posted by martono on 1 September 2010 at 12:05 PM

    niatnya udah, usahanya udah, hasilnya lumayan tp setannya banyak, jadi kambuh lagi-kambuh lagi.

    Balas

  27. Posted by driantama on 23 Oktober 2010 at 10:24 PM

    ehk..agan-agan klo merokok 3 bulan sekali.. bahaya nga..
    btw gw cma cba” ajh…!..?

    Balas

  28. makasih sarannya !!

    Balas

  29. Posted by ana homba on 23 Agustus 2011 at 5:47 PM

    makasi tipsnya yng di bagikan!!!??????????

    Balas

  30. Ayo tinggalkan rokok

    Balas

  31. Posted by dion on 30 Agustus 2011 at 11:14 PM

    tapi susah jg ne,, ngilangin nya

    Balas

  32. bagaimana sich cara ngilangin asap roko di tubuh kita?

    Balas

  33. biar ga susah meninggalkan kebiasaan merokok,… sebelum merokok lihat semboyan merokok dikemasan bungkus rokoknya,…..kalo tidak salah isinya begini ” Merokok dapat menyebabkan gangguan jantung,……dst ” ( maklum dah lama ga ngrokok ), itu yg membuat saya dalam waktu 1 bulan berhasil dari kecanduan rokok. alasannya, menurut saya semboyan itu dibuat dan DISETUJUI oleh para ahli yg notabene berasal dari orang muslim dan non muslim, maka kenapa kita susah banget untuk meninggalkan “sesuatu” yang sudah jelas tidak ada manfaatnya.

    semoga bermanfaat,…salam

    Balas

  34. waduuuh aku p’nah b’henti merokok,
    tpi cuma 1 minggu, bis tu kambul lagi..,
    susah bana,
    aku tw itu rugi tpi…!!! haduuuuuuh

    Balas

  35. Jujur Y, aQ Juga Pengen Banget Berhenti Ngerokok
    Tapi, Setiap Q mau Berhenti Sllu Z Temen aq
    Menyuguh_kn Rokoknya Sama aq..
    Dah Q bilang Q g Ngrokok Lagi, Eh dia Malah Maksa…

    Tp Ada Juga Lo’ Pribahasa Orang Ngrokok
    Ayam Bekoko Diatas Genteng
    Gak Ngerokok Gak Ganteng…

    Hehehehehehe (^_^) (^_^)

    Balas

  36. Tah Kenapa Pula Roko
    di Perdagang_kan…

    Jadi hancur Generasi Bangsa…

    Balas

  37. Posted by heri on 13 Februari 2012 at 10:18 PM

    Bener bangeeeed dgn niat yg kuat dan usaha yg sungguh2, Insa Allah berhasiil, amiiiiiiin

    Balas

  38. merokok dapat, menyebabkan seperti gambar d atas :)
    like this yoooooo……..

    Balas

  39. hampir kebanyakan dari semua artikel yang akk baca semuanya tipsnya ga jauh beda
    tapi thank’s for all lah untuk tips nya :D ..

    tapi cara yang paling ampuh buat ngindarin roko yah musnahkan semua perusahaan roko jangan ada lagi produksi roko di indonesia bahkan di seluruh dunia sekalian biar ga ada lagi yang meroko
    hhe* :p ..

    Balas

  40. Posted by Arief on 15 Maret 2012 at 11:09 AM

    Gw Mau Brhenti MeRoKoK……..

    Balas

  41. Posted by ferry on 26 Maret 2012 at 9:34 AM

    merokok emang bikin sakit dan bisa mengantarkan kelubang yang gak bener .dan kita semua ber doa agar masyarakat indonesia gak ada yang ngerokok lagi amien..?

    by:tcah ndugal

    Balas

  42. Reblogged this on firdhazalia.

    Balas

  43. alhamdulilah udah 2 hari q ngilang kebiasaan buruk q yaitu ngerokok
    moga q bisa kuat dlm menahan candu in

    Balas

  44. aq lagi berusaha tapi gagal terus

    Balas

  45. Posted by argoe on 11 April 2012 at 3:57 PM

    saya ga’ pernah bisa berhenti smoking..

    gmna sihh cara paling ampuh

    Balas

  46. Merokok mati
    gak Merokok,,Mati Juga
    mending Mrokok Smpe Mati
    hehehehehe

    Balas

  47. cerita ya: ayah saya bukan perokok(ia tak pernah doyan sm rokok seumur hidup)sy perokok berat. sy mulai doyan rokok th 2004 usia 18th.dulu sy anti rokok wlu pernah nemu sebungkus rokok GUDANG GARAM malah sy injak aja.dan pernah juga sempat memarahi keponakan yg sdang merokok.SEORANG GADIS MEMBUAT HANCUR HIDUPKU ini
    Awal2nya sy jd perokok berat ia gadis yg manies.saat itu sy pikir hny dng rokok akan dpt melupakan sidia sy coba merokok kebetulan ada rokok tamu ketinggalan msh penuh,lalu dng sembunyi2 dikamar ku hisap rokok batang demi batang 4hisapan-5hisapan sj nyambung lg dan lg sampai sebungkus tanpa bs tau sperti apa rasanya rokok tersebut.Pd hari itu sy mulai membeli sebungkus rokok,rokok pertama sy ‘Starmild 12 batang’.
    Namun dlu sy msh tetap tdk bs membedakan rasanya rokok dan blu bs dpt menikmati sensasinya merokok.
    Dan wkt itu msh tahap belajar sj dan batuk2mencoba terus mencoba kemudian tanpa sy sadari setiap hr habis 2bungkus

    Balas

  48. dan dlu sy mengatakan sperti apa rasanya kecanduan rokok?jd pingin nih.
    Sy kira menurut keturunan tdk sama tdk suka perokok malah akhirnya kecanduan berat sampai beberapa tahun lamanya sy ingin akhiri semuanya dan teringat ada seorang kyai berkata dipengajian Ia jg mantan perokok.katanya mudah berhenti dr perokok kuncinya adlh niat saja.Lalu sy gunakan cara ini: mula2sy berfikir dlu sy anti rokok kmudian sy niat membeli sebungkus rokok dng merk ternikmat menurut sy,stelah sy pegang2tanpa diketahui org kubuang sj sebungkus rokok tersebut kedalam tabung wc dng harapan gambar rokok yg ada didalam otak sy stiap hari lenyap,dan skarang sipat perokok sy sdh tdk ada(putus hubungan dng rokok).namun skarang sy tdk berani mencela org lg mengingat sdh pernah kecanduan rokok dan keponakan sy yg pernah sy bentak ketika ia merokok saat itu sampai skarang tdk jd perokok malah balik sy sendiri yg pernah jd pecandu nekotin/rokok,trims…smg bermanfaat pengalaman sy.bl ada kata yg buruk sy mhon ma’af

    Balas

    • waahh pasti si dia sangat manis yaa… sampe bisa sehancur itu hehehe…
      untung sekarang udah nggak lagi yaaa…..

      HIDUP!!! ^_^

      Balas

  49. hemzzzzzzzzz emank roko tu yg bkin ngeracunun otak kita
    tpi mau gymna lagy coz roko tuh pajak yg pling gde di indonesia……..
    dik bkal brusaha semampu dik sampay bnr2 bebas dri si kecil mematikan…
    tengs bwt QK yg udah ngasih tipsnya
    mkasih uga bwt pcr dik yg slalu ngasih motifasi bwt brhnti mroko dik bkal coba…..

    DIDUPP!!!

    Balas

  50. permisi,, di izin copas ya kk? tugas skolah nih

    Balas

  51. Aq udh berkali- kali gagal.. di 2013 ni aq coba lagi doakan berhasil ya Sob..

    Balas

  52. hehehe susah susah…!!!

    Balas

  53. sangat susah menghentikan kebiasaan merokok.
    kayaknya harus dengan niat yang teguh sepenuh hati, dimulai dari kesadaran diri sendiri jika ingin berhenti, namun juga harus didukung oleh lingkungan,
    Ayo, teguhkan tekadmu dulu….
    hehehe

    Balas

  54. kalo sudah kecanduan rokok memang sangat susah banget untuk menghentikannya, mungkin sama kayak kecanduan miras dan yang lain, namun kalo dimulai dengan niat yang sangat besar untuk berhenti, saya kira tetap bisa, harus sangat besar niatnya dan harus dengan tawakal dan ikhlas menjalaninya, juga jangan terpengaruh sama lingkungan, karena lingkungan bisa membawa ke arah yang buruk, atau ke arah yang baik, so, selalu jaga niatnya

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: